ICMP, UDP, TCP

Assalamu'alaikum wr.wb
A. ICMP (Internet Control Message Protocol)  
     Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.

     ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan.

     Internet Control Message Protocol (ICmP) adalah bagian dari keluarga protokol Internet dan didefinisikan di dalam RFC 792. Pesan-pesan ICMP umumnya dibuat sebagai jawaban atas kesalahan di datagram IP (seperti yang dispesifikasikan di RFC1122) atau untuk kegunaan pelacakan atau routing.

Versi ICMP ini juga dikenal sebagai ICMPv4, yang merupakan bagian dari Internet Protocol versi 4. Sedangkan versi terkini yaitu ICMPv6.
      Prinsip kerja ICMP adalah Host (router ataupun tujuan) akan mendeteksi apabila terjadi permasalahan tranmisi, dan membuat ICMP message yang akan dikirimkan ke host asal. Aplikasi ICMP yang paling banyak
digunakan: Ping dan Traceroute.

B. UDP (User Datagram Protocol)
     Adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Protokol ini didefinisikan dalam RFC 768 
     Komputer yang satu bisa mengirimkan pesan/ datagram ke komputer lainnya di jaringan, tanpa terlebih dahulu melakukan hand-shake (connectionless communication). Aplikasi yang paling umum menggunakan UDP adalah DNS dan berbagai game online.

C. TCP (Transmission Control Protocol)
     Adalah suatu protokol yang berada di lapisan transport (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable). TCP dispesifikasikan dalam RFC 793.
      Bekerja dengan pengalamatan port
          -  Port 1 – 1024 : low port (standard service port)
          -  Port 1025...: high port (untuk transmisi lanjutan)
     Prinsip Kerja: Connection Oriented, Reliable Transmission, Error Detection, Flow Control, Segment Size Control, Congestion Control. Contoh aplikasi: http, email, ftp, dll

     sekian yang dapat saya sampaikan
Wassalamu'alaikum wr. wb

Referensi : id.wikipedia.org, Modul Materi Mikrotik MTCNA-05-2012
Share on Google Plus

About Blog

0 komentar:

Posting Komentar