Konfigurasi Trunking pada Switch Cisco CCNA


Assalamu'alaikum wr. wb
     Pada kesempatan ini, admin akan memberikan tentang VLAN pada Switch Cisco CCNA. Pada kesempatan sebelumnya admin mem-post tentang Konfigurasi VLAN pada Switch Cisco CCNA.    

     Trunking digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih switch yang menggunakan VLAN dengan proses encapsulation. Jika menggunakan beberapa switch dan menggunakan VLAN di tiap switch, maka kita harus mengkonfigurasi Trunking interface yang mengarah ke switch, karena jika tidak melakukan konfigurasi, maka tidak akan berhasil.

Topologi Trunking
     Dalam melakukan konfigurasi ini, kita akan melanjutkan dari topologi sebelumnya yaitu Konfigurasi VLAN pada Switch Cisco CCNA.Konfigurasikan IP Address pada PC4 dan PC5.


IP Address pada PC5 dan PC4
      Setelah itu lakukan test “PING” dari PC4 ke PC5.


Ping dari PC4 ke PC5

     Setelah itu, lakukan test “PING” pada PC yang berada pada SW1 yang sudah di konfigurasi VLAN. Maka hasilnya akan RTO, karena PC4 menggunakan VLAN1 (default) dan PC pada SW1 sudah dikonfigurasi VLAN.

Ping dari PC4 ke PC yang berada pada SW1
     Kita akan mengatur PC4 menggunakan VLAN 10 dan PC5 menggunakan VLAN 20. Jangan lupa untuk mengganti hostname pada switch 2


 



     Sekarang PC4 sudah menggunakan VLAN 10 dan PC5 menggunakan VLAN 20. Selanjutnya lakukan test “PING” dari PC4 ke PC5. Jika hasilnya RTO maka konfigurasi tersebut berhasil


Ping dari PC4 ke PC5
      Setelah itu, lakukan konfigurasi Trunking agar SW1 dan SW2 dapat terhubung. Jika tidak menggunakan konfigurasi tersebut, maka kedua switch tidak bisa terkoneksi.
 

     Untuk mengecek apakah SW1 dan SW2 sudah terkoneksi, maka lakukan konfigurasi dibawah ini.
.
 


      Pastikan status dalam kondisi trunking. Setelah itu lakukan test “PING” antarsesama VLAN. Jika hasilnya seperti dibawah ini maka konfigurasinya berhasil.
Ping dari PC4 ke SW1
     Itulah kiranya yang dapat admin sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf,.
Wassalamu'alaikum wr. wb
Share on Google Plus

About Blog

0 komentar:

Posting Komentar